Pages

Kamis, 24 Februari 2011

Tips melakukan suntikan Kalsium

Karena saya mengidap penyakit spasmophilia (kekurangan kalsium dalam tubuh), maka tindakan pertama dari dokter terhadap saya adalah setiap hari disuntik kalsium sebanyak 10 cc selama 10 hari berturut-turut. Berdasarkan pengalaman saya maka dalam pelaksanaannya, jika anda tidak berada ditempat yang sama dengan tempat anda berobat (artinya Anda tebus obat sesuai resep dan kembali ke tempat asal Anda), maka supaya suntikan berhasil tanpa hambatan, saya sampaikan pengalaman berikut :


1.    Agar yang melakukan suntikan adalah paramedis yang sudah berpengalaman, dalam hal ini saya meminta bantuan tenaga dari Rumah Sakit yang biasa bertugas di UGD, biasanya mereka memiliki jam terbang tinggi karena selalu menangani gawat darurat hampir setiap saat. Pada kasus saya selama 10 hari disuntik, pembuluh darah vena pada tangan kiri dan kanan saya tidak ada yang pecah.

2.    Pada saat melakukan suntikan jangan sekali-kali kita dalam posisi duduk, dan jangan sekali-kali membiarkan perut kita kosong, minimal perut diisi dengan roti, serta proses penyuntikan jangan terlalu cepat (dokter menyarankan antara 10-15 menit). Entah kebetulan atau tidak, pada saat suntikan hari ke 3, saya dalam posisi duduk dan terakhir saya makan pada waktu 2 jam 15 menit sebelumnya. Ketika suntikan sdh mencapai 7 cc saya sampaikan ke paramedis bahwa sisa waktu tinggal 5 menit untuk mencapai waktu 15 menit (sehingga mungkin suntikan dipercepat) lalu terjadi hal aneh pada tubuh saya, mula-mula badan terasa panas-dingin, kemudian pendengaran berdenging dan berangsur-angsur ke arah tuli, pandangan mulai kabur, tidak lama kemudian ada dorongan yang sangat kuat dari dalam perut untuk mengeluarkan isi perut sehingga akhirnya muntah. Saya sampaikan agar suntikan di stop. Setelah muntah badan berkeringat baru terasa nyaman

3.    Pada saat suntikan hari pertama sebelum penyuntikan karena saya belum makan dari pagi (penyuntikan sekitar pukul 13.30) saya makan roti terlebih dahulu dan kejadian tuli, mata kabur dan muntah tidak saya alami.

4.    Dalam kasus saya lama penyuntikan antara 20-25 menit, setelah konsul dengan dokter yang bersangkutan ternyata masing-masing orang berbeda reaksi terhadap suntikan kalsium ini, malah ada yang sampai 1 jam.

Demikian pengalaman saya, semoga bisa bermanfaat bagi yang mempunyai penyakit yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar