Pages

Rabu, 08 Desember 2010

AIR

Mohon ijin, perkenalkan nama saya "AIR", tempat saya ada di kutub dalam bentuk es, ada di udara dalam bentuk awan dan hujan, di permukaan bumi dalam bentuk laut, sungai, danau (alam dan buatan), ada di dalam tanah dalam bentuk akuifer (tertekan dan tidak tertekan), air tanah dangkal.
Saya ini sangat sensitif, karena banyak hal yang mempengaruhi saya, ada hutannya, ada tambang-tambang, ada perkebunannya, ada pembangunan infrastruktur, pengembangan wilayah dll yang menyebabkan saya bisa melaju bagaikan F1 ataupun melambat seperti keong, ada pabrik-pabrik, asap kendaraan yang mengakibatkan efek rumah kaca sehingga anak-anakku di kutub jadi berubah bentuk.

Tapi saya orang yg masa bodoh, mau dipelihara mau tidak dipelihara terserah saja, kalau yang menggunakan saya mau baik maka akan saya kirim air bersih, air untuk irigasi dan seluruh mahluk hidup, tenaga listrik, transportasi air yang baik dll. Tapi kalau orang tidak mau memelihara saya, maka tidak segan-segan akan saya kirim banjir, air bah, kandungan racun-racun, kapan perlu pada waktu tertentu saya akan menghilang dari sungai.

Oh Manusia.... saya masa bodoh dengan apa yang disebut river basin system, watershield system, Integrated Water Resources Management, Integrated River Basin Management dan segala macam istilah yang aneh di telinga saya. Tugas saya hanya menguap, ngumpul diangkasa, jatuh ke bumi, kalau ada yang ingin menahan saya di permukaan bumi ya silahkan.... kalau tidak, akan saya bawa material tanah, pasir, batu untuk pergi ke sungai dan saya ingin jalan terus ke laut, kalau agak terasa panas aku menguap lagi, demikian seterusnnya...... ah masa bodoh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar